Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kab. Berau Tahun 2018

Posted by: Administrator | 17/06/2019 | Kategori: Penelitian | 46 kali dibaca | Rating: 46

Dalam rangka pertanggungjawaban atas pengelolaan kinerjanya sebagaimana diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), seluruh instansi Pemerintah ditingkat pusat dan daerah, setiap tahun diminta menyampaikan laporan informasi kinerjanya kepada unit kerja yang berada pada tingkat lebih tinggi secara berjenjang.

Penyampaian Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKj-IP) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Berau ini dimaksudkan sebagai perwujudan untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan atau kegagalan pencapaian sasaran strategis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Berau. Hal ini diukur berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Rencana Strategis (RENSTRA) Tahun 2016-2021 yang telah mengalami Revisi  dan juga Penetapan Kinerja Tahun 2018. Disamping itu penyusunan LKj-IP ini juga ditujukan sebagai umpan balik untuk memperbaiki kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Berau dimasa yang akan datang.

Inti dari pertanggung jawaban kinerja adalah perbandingan antara target yang akan ditetapkan dalam Rencana Kerja Tahunan dengan realisasi capaian kinerja pada akhir tahun anggaran. Hal ini menuntut adanya aktivitas pengelolaan data kinerja secara terus menerus selama periode kegiatan berlangsung. Sedangkan pengukuran kinerja dilakukan secara konsisten terhadap indicator yang telah disepakati dalam rencana kerja.

Untuk menjamin dan mempertahankan obyektivitas hasil pengukuran kinerja tersebut, integrase antara keahlian sumber daya manusia dengan sumber daya yang lain mutlak diperlukan. Dalam jangka menengah keberhasilan strategi ini terlihat dari adanya peningkatan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program, sedangkan dalam jangka pendek strategi ini berkonstribusi dalam peningkatan akuntabilitas dan kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil.

Adapun dalam jangka panjang strategi ini akan menempatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Berau tetap eksis di era otonomi daerah.

DOWNLOAD LKJIP DPMK 2018

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share: